Pengen Mendaki Gunung Merbabu Lagi ! Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka 1 Februari 2020

Pembukaan Jalur Pendakian Merbabu 1 Februari 2020 – Ayo pendaki Indonesia….yang sudah lama tidak mendaki di Gunung Merbabu, dan ingin menikmati keindahan alamnya, suhu dinginya, hamparan sabananya dan keindahan bunga abadi “edelwais”  pada bulan ini pendakian Gunung Merbabu dibuka lagi. Siapkan mental, fisik dan ajak teman-teman untuk mendaki bersama di TN Gunung Merbabu.

Setelah ditutup sejak 3 bulan yang lalu jalur pendakian gunung merbabu setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu akan kembali dibuka. Pembukaan itu dilakukan di semua jalur resmi pendakian Merbabu, yakni Selo (Genting), Cuntel Thekelan, Wekas, dan Suwanting. Sebelumnya, Merbabu ditutup karena kebakaran hutan, pemulihan ekosistem dan kerusakan jalur pendakian.

Info di bukanya kembali 5 jalur pendakian Gunung Merbabu tersebut disampaikan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu melalui surat pengumuman nomor PG 04/T.35/TU/EVLAP/01/2020 tentang Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Harus diingat bahwa untuk mendaki dari jalur pendakian selo telah diterapkan pendaftaran atau registrasi online. Untuk link pendaftaranya silakan klik link berikut “pendaftaran online”. dengan pendaftaran online akan mempermudah dalam registrasi dan mengurangi antrian para calon pendali.

Setiap pendaki gunung merbabu yang telah melakukan booking online, pendaki tersebut akan mendapatkan gelang ber-chip RFID yang digunakan oleh pengelolah Taman nasional gunung merbabu pengelola untuk memantau lokasi pendakia dan mencegah terjadinya pendaki tersesat.

Untuk pendaki Merbabu yang melalui jalur Cunthel, Suwanting, Thekelan, atau Wekas, registrasi masih dilakukan secara offline yaitu para pendaki bisa langsung datang ke basecamp pendakian.

Menurut info dari Balai taman Nasional Gunung Merbabu pada tahun 2020 dimungkinkan semua jalur akan di lakukan secara online di semua jalur pendakian Gunung Merbabu”

Bagi para calon pendaki sesuai dengan surat pengumuman Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu ” setiap pendaki agar selalu mematuhi tata tertib pendakian gunung dan memperhatikan kondisi cuaca serta situasi di jalur pendakian”

Sumber Pengumuman: https://www.instagram.com/tngunungmerbabu_official/?hl=en

Para pendaki Gunung Merbabu juga diimbau menjaga kebersihan dengan membawa turun sampah selama mendaki. Mereka juga diimbau untuk mematuhi segara peraturan yang berlaku, termasuk SOP pendakian di jalur pendakian Gunung Merbabu.

Kata Kunci : Pendakian Gunung , Gunung Merbabu, Taman Nasional Gunung Merbabu, Jalur Pendakian Selo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.