Cara Booking Online Pendakian Gunung Merbabu Terbaru

Simaksi Online Tanam Nasional Gunung Merbabu

Berita, Wisata197 Dilihat

Sekarang untuk melakukan pendakian Gunung Merbabu harus melalui mekanisme booking online, mekanisme ini diterapkan di semua jakur pendakian ( jalur pendakian selo, jalur pendakian Suwanting, jalur pendakian Wekas, jalur pendakian Thekelan dan jalur pendakian Cuntel).

Sesuai dengan keterangan Ir. Junita Parjanti, MT selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, sistem pendaftaran online dapat diakses melalui alamat situs resmi TN Gunung Merbabu dengan www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online.

baca Juga: 5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Merbabu

Sebelum mendaki di Gunung Merbabu pasrikan terlebih dahulu mengetahui mekanisme pendaftaranya, agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan booking . Berikut tata booking online pendakian Gunung Merbabu sesuai dari sumber resmi TN Gunung Merbabu.

Tata Cara Pendaftaran Online TN Gunung Merbabu


Cara Booking Online Pendakian Gunung Merbabu


1. Buka website resmi TN Gunung Merbabu di https://tngunungmerbabu.org/

2. Pastikan kuota masih ada pada Menu Cek Kuota, dan tentukan jalur pendakian Anda.

3. Masuk pada menu Destinasi Wisata, dan pilih destinasi sesuai dengan jalur pendakian Anda, kemudian pilih “Booking Sekarang”.

4. Setujui persyaratan pendakian, membawa barang-barang yang ditentukan, serta bersedia menaati peraturan yang ada pada Taman Nasional Gunung Merbabu, kemudian klik “Daftar”.

5. Pilih tanggal pendakian dengan kuota yang masih tersedia, kemudian isi formulir pendakian dengan data yang sesuai. Pastikan data sesuai dan valid!

6. Setelah data sudah sesuai, klik tombol “Hitung Biaya Tiket” untuk menampilkan biaya yang perlu di bayarkan nantinya pada basecamp pendakian dan informasi tambahan bagi Anda. Untuk pengunjung WNI sesuai dengan tarif pada aplikasi booking online. Sedangkan pendaki WNA sesuai dengan ketentuan tarif PP Nomor 12 Tahun 2014 (karcis masuk hari biasa Rp. 150.000/hari, hari libur Rp. 225.000/hari serta karcis kegiatan tracking Rp. 5.000/kegiatan).

7. Jika sudah sesuai, klik “Proses”, kemudian Anda akan mendapatkan Kode OTP yang dikirimkan melalui Email Ketua Rombongan terdaftar. OTP akan aktif selama 5 menit, apabila Anda belum menginputkan OTP dalam waktu tersebut, maka booking Anda akan hangus dan silakan melakukan booking ulang.

8. Silakan isikan OTP pada kolom yang tersedia, klik “Konfirmasi”, kemudian Anda akan mendapatkan bukti booking melalui Email, mohon bukti ini disimpan dan ditunjukan pada petugas jalur pendakian saat hari pendakian.

9. Pastikan Anda memilih pembayaran dengan klik tombol “Lanjut ke Pembayaran” dan pilih pembayaran tunai. Apabila Anda belum memilih pembayaran dalam waktu 30 menit maka booking Anda akan hangus dan silakan melakukan booking ulang.

10.Pembayaran karcis pendaki WNI dan WNA dilakukan di basecamp pendakian pada hari H pendakian.

11. Pembayaran belum termasuk biaya Jasa wisata lokal, asuransi, dan pengelolaan bssecamp.


Cara perbarui Data Booking Pendakian Gunung Merbabu


1. Pembaruan data booking bisa dilakukan sebelum Anda melakukan pilihan pembayaran. Jika Anda sudah melakukan pilihan pembayaran, data booking sudah tidak bisa dirubah

2. Buka halaman resmi Booking Online Pendakian Gunung Merbabu di https://tngunungmerbabu.org/

3. Isikan kode booking Anda ke kolom “Cek Kode Booking”, kemudian klik “Cek”.

4. Akan muncul kolom isian Email. Silakan isikan email ketua rombongan terdaftar. Jika data valid, maka akan muncul data booking Anda.

5. Anda dapat menambah anggota (max 10 rombongan dan selama kuota tersedia). Dengan cara klik tombol “Tambah” yang berada di bawah list rombongan kemudian isikan nama dan NIK.

6. Jika ingin mengurangi anggota rombongan, silakan klik tanda “X” di sebelah kanan list anggota rombongan (min 3 rombongan).

7. Setelah data list rombongan ditambah/dikurangi, silakan klik tombol “Proses”, maka Anda akan mendapatkan Kode OTP yang dikirimkan melalui Email Ketua Rombongan terdaftar.

8. Silakan isikan OTP pada kolom yang tersedia, klik “Konfirmasi”, kemudian Anda akan mendapatkan bukti booking yang telah diperbarui melalui Email, mohon bukti ini disimpan dan ditunjukan pada petugas jalur pendakian saat hari pendakian.


Cara Pembatalan Booking Pendakian Gunung Merbabu


1. Pembatalan data booking bisa dilakukan sebelum Anda melakukan pembayaran. Jika Anda sudah melakukan pembayaran, data booking sudah tidak bisa dibatalkan

2. Buka halaman resmi Booking Online Pendakian Gunung Merbabu di https://tngunungmerbabu.org/

3. Isikan kode booking Anda ke kolom “Cek Kode Booking”, kemudian klik “Cek”.

4. Akan muncul kolom isian Email. Silakan isikan email ketua rombongan terdaftar. Jika data valid, maka akan muncul data booking Anda.

5. Silakan klik tombol “Batal Booking”, maka Anda akan mendapatkan Kode OTP yang dikirimkan melalui Email Ketua Rombongan terdaftar.

6. Silakan isikan OTP pada kolom yang tersedia, klik “Konfirmasi”, kemudian data booking Anda akan dibatalkan. Anda akan mendapatkan email informasi bahwa data booking Anda telah dibatalkan.


Cara Mulai Pendakian Gunung Merbabu


1. Lakukan pembayaran ke petugas jalur pendakian.

2. Anda akan mendapatkan booking tiket yang dikirimkan melalui email ketua rombongan

3. Tunjukan Bukti Booking ke petugas jalur pendakian untuk dilakukan Scan QR Code dan validasi data.

4. Cek barang bawaan oleh petugas jalur pendakian.

5. Pendaki dipersilakan memulai pendakian.

6. Pembayaran belum termasuk biaya Jasa wisata lokal, asuransi, dan pengelolaan bssecamp.


Selesai Pendakian Gunung Merbabu


1. Pastikan barang bawaan dan sampah dibawa turun bersama.

2. Setelah sampai pada pintu jalur pendakian, tunjukan bukti booking untuk dilakukan scan QR Code untuk pengecekan data anggota rombongan.

3. Cek barang bawaan oleh petugas jalur pendakian.

4. Pendaki dipersilakan untuk pulang.

Demikian tatacara melakukan simaksi online pendakian gunung merbabu, pastikan kuota, perlengkapan, kondisi kesehatan untuk melakukan pendakian Gunung Merbabu.

Sumber Resmi : TN Gunung Merbabu

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar