Info jalur favorit pendakian Gunung Merbabu via Suwanting update 2022

Berita, Wisata120 Dilihat

Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting merupakan jalur pendakian sisi barat Gunung Merbabu yang berada di kabupaten Magelang. Lokasi basecamp Suwanting berada di Jl. Suwanting, Suwanting, Banyuroto, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Jalur pendakian Gunung Merbabu sangat terjal, karena terbentang deretan bukit yang sangat tinggi dan curam, jalur Suwanting dijuluki sebagai jalur Merbabu yang nggak ada bonusnya. Jalur pendakian ini kurang cocok bagi pendaki pemula, karena tekstur jalur nanjak sampai puncak.

  1. Jalur pendakian Suwanting berada di bagian barat gunung Merbabu. Di mana, area sebelah barat gunung Merbabu tidak ada bukit atau lembah yang landai. Semua tinggi, dan curam. Kemiringan rata-rata tanjakan di jalur Suwanting adalah 30,8 derajat. Pada beberapa medan pendakian, ada tanjakan yang kemiringannya sampai 59,1 derajat. Artinya, pendaki harus siap nanjak mulai dari basecamp sampai ke puncak.
  2. jalur pendakian Suwanting terkenal dengan angin dinginnya. Suhu udara di area ngecamp sekitar 3-8 derajat Celsius di malam hari. Artinya, pendaki butuh tenda anti angin agar tetap hangat selama bermalam di area pos 3.
  3. jarak pendakian dari basecamp ke puncak Triangulasi gunung Merbabu sekitar 6,45 km.  Artinya, jalur Suwanting jauh lebih berat daripada jalur Selo 5,75 Km. Belum lagi jalur pendakian Suwanting penuh tanjakan sejak awal pendakian. Mantap deh pokoknya!

Jalur pendakian Merbabu via Suwanting selain berat dan penuh tantangan, namun jalur pendakian ini memiliki daya tarik yang luar biasa di banding jalur pendakian lainya, pesona jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting di antaranya:

  • Pendaki bisa melihat pemandangan alam gunung Merbabu dari sisi barat
  • Pendaki dapat melihat matahari terbenam dengan panorama gunung Merapi yang sedang erupsi.
  • Pendaki bisa melihat kawah Candradimuka gunung Merbabu dari jalur pendakian. Tapi, pendaki tidak bisa turun ke kawah Merbabu dari jalur Suwanting. Kalau mau ke kawah Merbabu, pendaki harus mendaki melalui jalur Wekas, Cunthel atau Thekelan.
  • Pendaki dapat spot sunrise dan sunset dengan panorama yang indah di puncak Suwanting.
  • Pendaki akan mendapatkan pemandangan sabana gunung Merbabu yang beda dari jalur lainnya. Unik dan cantik.

Baca Juga : 5 Jalur Pendakian Resmi Gunung Merbabu

Mendaki Gunung Merbabu via Suwanting

Bagi yang ingin mendaki ke gunung merbabu via Suwanting, kami akan memberikan sedikit infomasi tentang jalur ini, diantaranya letak jalur pendakian via Suwanting, ketersediaan air di jalur pendakian suwanting dan biaya registrasi pendakian. Berikut tabel informasi penting terkait pendakian gunung Merbabu via Suwanting:

  • Lokasi basecamp Jl. Suwanting, Suwanting, Banyuroto, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481.
  • Transportasi menuju basecamp Ojek, angkot, bus, hingga motor rental.
  • Biaya registrasi pendakian Senin-Jum’at: Rp30.000
  • Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional: Rp35.000.
  • Jarak basecamp sampai puncak Triangulasi 6,45 km.
  • Jumlah pos pendakian 3.
  • Estimasi lama waktu pendakian ideal 2 hari 1 malam.
  • Terdapat sumber air.
  • Sumber mata air ada di HM 34 area sebelum pos 3.
  • Pos terakhir sebelum puncak Pos 3.
  • Rekomendasi untuk camp area di Pos 3.

Peta Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Sebagai gambaran jelas tentang jalur pendakian Merbabu via Suwanting agar kamu lebih jelas, kami berikan juga peta jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting. Simak gambar peta jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting di bawah ini:

Gambaran Mendaki di Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Dari peta di atas, kamu bisa memiliki gambaran besar tentang jalur pendakian via Suwanting, untuk mempersiapkan segala keperluan untuk pendakian. Bagi yang ingin lebih jelas ada juga rangkuman medan pendakian dan estimasi waktu pendakian melaui jalur Suwanting. Simak rangkuman pendakian gunung Merbabu via Suwanting melalui tabel di bawah ini:

Jarak Tempuh, Waktu tempuh, Jumlah Pos Pendakian dan Kondisi Jalur

Untuk mendaki di jalur pendakian suwanting kalian akan melewati 5 tahap, sehingga dapat memberi gambaran akan situasi dan kondisi bentangan alam di jalur suwanting. berikut gambaran 5 tahap pendakian dari bascamp sampai di puncak:

Pertama

Jalur Pendakian : Basecamp – pos 1

Jarak Tempuh : 1,1 km

Waktu Tempuh : 30 menit

Kondisi Medan Pendakian : Dari basecamp sampai ke pintu masuk hutan kamu akan melewati jalanan cor perkebunan warga sekitar. Di sana kamu akan melihat gerbang pendakian Suwanting yang keren.

Nah, mulai gerbang pendakian Suwanting, kamu akan menyusuri jalan setapak kawasan hutan yang mulai menanjak sampai pos 1: Lembah Lempong.

Kedua

Jalur Pendakian : Pos 1 – pos 2

Jarak Tempuh : 2,1 km

Waktu Tempuh : 3 jam

Kondisi Medan Pendakian : Setelah dari pos 1, pendaki akan menyusuri jalan setapak yang menanjak terus sampai pos 2.

Pendaki akan melewati beberapa area datar yang nyaman untuk beristirahat sejenak, di antaranya: Lembah Gosong, Lembah Cemoro, Lembah Ngrijan, Lembah Mitoh, Pos 2 (Bendera).

Di sepanjang jalur pendakian kamu akan melihat semak belukar yang rimbun dan pohon patah. Karena konon katanya, pohon-pohon di pos 1 hingga pos 2 banyak yang roboh karena angin puting beliung.

Ketiga

Jalur Pendakian : Pos 2 – pos 3

Jarak Tempuh : 1.7 km

Waktu Tempuh : 3 jam

Kondisi Medan Pendakian : Setelah pos 2 kamu akan memasuki kawasan Lembah Mandingan. Dari pintu lembah Manding, sebaiknya pendaki ambil jalur kanan (jalur baru) karena jalur lurus (jalur lama) sangat curam, rusak dan berbahaya.

Di jalur lembah Manding, jalanan terus nanjak. Kiri-kanan jalur setapak dipenuhi dengan semak belukar dan tanaman melanding (petai China).

Jika kamu mulai lelah, kamu bisa beristirahat di area HM 29. Jika masih kuat naik sedikit lagi agar sampai pos Air di HM 34 atau tuntaskan sampai ke HM 36 pos 3 (Dempo Awang).

Sebaiknya, pendaki ngecamp di pos 3 (Dempo Awang) dan melakukan summit attack besok pagi.

Keempat

Jalur Pendakian : Pos 3 – Puncak Suwanting

Jarak Tempuh : 750 m

Waktu Tempuh :1.5 jam

Kondisi Medan Pendakian : Mulai dari pos 3, jalur pendakian mulai terbuka. Tapi, jalanan tetap menanjak. Pendaki akan melewati sabana 1, dan sabana 2 yang indah.

Kamu dapat melihat retakan di puncak gunung merapi dengan jelas dari sabana Suwanting. Jika cuaca cerah, kamu juga dapat menikmati keindahan pemandangan gunung Sindoro dan gunung Sumbing yang seolah mengapung di atas awan.

Kelima

Jalur Pendakian : Puncak Suwanting – Puncak Triangulasi

Jarak Tempuh : 800 m

Waktu Tempuh : 40 menit.

Kondisi Medan Pendakian : pada puncak Suwanting, kamu bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa megah. Lautan awan, cakrawala yang indah. Pesona puncak Merapi, puncak Sindoro dan Sumbing.

Jika cuaca cerah, pemandangan dari puncak Suwanting indah banget. Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan puncak Suwanting, kamu harus menaiki satu bukit lagi untuk sampai ke puncak Triangulasi (puncak tertinggi gunung Merbabu).

Jarak total pendaki yang kamu tempuh dari Basecamp pendakian Suwanting sampai puncak Triangulasi gunung Merbabu adalah 6,45 km. Dengan kondisi fisik bugar, kamu dapat mencapai puncak Triangulasi dalam waktu 8 jam 40 menit.

Namun, untuk pendaki pemula, biasanya butuh waktu 10-12 jam. Jadi, memang medan pendakiannya bukan untuk pemula.

Rekomendasi Tempat Camp di Jalur Pendakian Suwanting

Sedikit tambahan, saat kamu mendaki melalui jalur Suwanting, kami hanya bisa merekomendasikan satu tempat ngecamp, yaitu si pos 3 Dempo Awang. Pos 3 yang paling layak untuk camp, berikut alasan kenapa pendaki sebaiknya camp di pos 3 saat mendaki melalui jalur Suwanting:

  1. Pos 3 dekat dengan pos Air. Jadi, pendaki yang kehabisan air bisa mengambil air dengan mudah. Kedua, jarak dari pos 3 ke puncak Suwanting sangat dekat yaitu: 750 m. Artinya, kalau kamu ingin mendapatkan spot sunrise dan sunset terbaik di jalur Suwanting, kamu tinggal naik dikit ke puncak Suwanting. Jikalau pendaki mau langsung summit attack ke puncak Triangulasi gunung Merbabu, jaraknya juga lumayan dekat, yaitu 1,55 km. Kamu hanya perlu mendaki 2 bukit.
  2. Area camping luas, lapang dan ngaman. Jadi, muat untuk banyak tenda pendaki. Saat mendaki gunung Merbabu via Suwanting, naik gunung vs turun gunung perbedaannya sangat besar sekali. Naiknya lama banget karena full nanjak. Dan turunnya bakal cepet banget karena turunan terus sampai basecamp. Biarpun nantinya turun gunung via Suwanting lebih cepat, tapi kamu tetap harus berhati-hati.

Explor di Jalur Pendakian Suwanting

Kamu bisa mengeksplorasi ketiga puncak legendaris gunung Merbabu. Menikmati sunset dan sunrise di puncak Suwanting. Melihat kawah belerang candradimuka gunung Merbabu dari kejauhan. Dan menikmati miliaran bintang di langit dari pos 3 Suwanting. Keren banget dah pokoknya. Suwanting keren abis!

Informasi Sember Resmi Taman Nasional Gunung Merbabu via Suwanting

Karena Jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting merupakan wilayah dari Taman Nasional Gunung Merbabu, maka setiap pendaki wajib tau dan mentaati peraturan-peraturan pendakin sesuai SOP demi keamanan dan kenyamanan pendakian anda. Berikut beberapa yang harus dimengetri oleh calon pendaki.

Baca juga : tata cara booking online pendakian Gunung Merbabu

  1. Setiap pendaki harus mendaftar via booking online untuk lik resmi booking di sini
  2. Selama pandemi Covid-19 pendaki wajib mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh petugas pengelola jalur Suwanting. Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan selalu makan makanan sehat.
  3. Khusus pendakian di masa pandemi Covid-19 pendaki perlu mempersiapkan beberapa hal untuk keperluan simaksi Taman Nasional Gunung Merbabu via Suwanting, di antaranya: (1. Surat pernyataan sehat (hasil Genose atau rapid antigen). 2. KTP, 3. Mengisi formulir checklist perlengkapan pendakian. 4. Menyerahkan bukti registrasi pendakian via online untuk keperluan registrasi ulang. 5. Membayar biaya registrasi sebesar Rp30.000/orang (untuk hari biasa). Dan Rp35.000 per orang untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur).
  4. Pendaki dilarang membawa tisu basah.
  5. Pendaki harus menyerahkan sampah pasca pendakian ke petugas basecamp Suwanting untuk mengambil KTP yang dititipkan ke petugas registrasi pendakian.
  6. Pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu memberikan PAL HM per 100 m dan PAL Bantu di setiap persimpangan yang dilengkapi stiker Scotch Light. Alat tersebut berfungsi sebagai petunjuk arah dan pemberi informasi kepada pendaki. Dan pada saat pendakian di malam hari, scotch light akan bercahaya saat terkena senter pendaki. Silakan dipakai dengan bijak dan tolong jangan dicoret-coret.

F.A.Q

Merbabu via Suwanting dimana?

Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting merupakan jalur pendakian sisi barat Gunung Merbabu yang berada di kabupaten Magelang. Lokasi basecamp Suwanting berada di Jl. Suwanting, Suwanting, Banyuroto, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Berapa jam Merbabu via Suwanting?

Jarak total pendaki Basecamp pendakian Suwanting sampai puncak Triangulasi gunung Merbabu adalah 6,45 km. Dengan kondisi fisik bugar, pendaki dapat mencapai puncak Triangulasi dalam waktu 8 jam 40 menit. Namun, untuk pendaki pemula, biasanya butuh waktu 10-12 jam. Jadi, memang medan pendakiannya bukan untuk pemula

Merbabu via Suwanting apakah ada mata air?

Terdapat sumber air yang cukup untuk pendaki, dimana sumber mata air ada di HM 34 area sebelum pos 3yang cocok untuk area camp karena dekat dengan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 komentar

  1. halo,min
    kemarin dapet cerita dari temen yg lewat suwanting juga,katanya kan di booking online dia total bayarnya 175 buat 10 orang.tp pas di BC jadi 360.apakah emang di BC nya tu ada retribusi lain selain tiket masuk resmi yg dari booking online itu?mohon infonya,makasih