Legenda Misteri Watu Gubug Gunung Merbabu

Berita, Wisata54 Dilihat

Watu Gubug terletak di di antara POS 3 dan menara Jalur Thekelan Gunung Merbabu batu ini terlihat seperti gua kecil yang hanya bisa dimasukin satu orang, tempat ini sakral karena dari dulu sering digunakan untuk bertapa.

Jalur thekelan Sendiri terletak di Tekelan, Batur, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Konon cerita dari masyarakat lokal, bahwa Lubang Batu (Watu Gubug) ini adalah pintu gerbang untuk masuk ke Istana Gaib di Gunung Merbabu.

Watu Gubug terdapat Goa yang terlihat kecil, namun menurut masyarakat bisa memuat 4 orang atau lebih ke dalam Gua Watu Gubug tersebut, memenag terlihat anah lubang sekecil itu bisa menampung berapapun jumlah pendaki.

Watu Gubug ini seolah-olah ruangannya bisa mengembang dan konon akan terbuka lebar sebuah pintu untuk memasuki alam lain, yakni Kerajan Gaib Gunung Merbabu.

Salah satu cara untuk memasuki alam gaib merbabu adalah dengan bertapa di Watu Gubug, sedangkan cara lainnya untuk memasuki pintu gerbang Kerajaan Gaib Merbabu adalah dengan berjiarah ke Watu Gubug minimal tujuh kali.

WATU GUBUG GUNUNG MERBABU

Apabila pendaki atau Pejiarah melihat lubang Watu Gubug ini kecil maka kehadirannya belum diterima oleh Penjaga Istana Gaib Merbabu

Namun jika Pendaki atau Pejiarah dapat melihat atau merasakan ruangan di dalam Watu Gubug ukurannya besar dan luas, maka kehadirannya telah diterima oleh Penguasa Kerajaan Gaib Merbabu.

Baca Juga: Jalur pendakian Gunung Merbabu via Thekelan

Selanjut mata dan hati kita akan terbuka dan dapat melihat tempat-tempat gaib di Merbabu. Bahkan dapat melihat para penghuni serta para punggawa Istana Gaib Merbabu.

Namun sekali lagi, Watu Gubug merupakan Legenda (cerita rakyat) yang menyelimuti gunung yang berada di wilayah Magelang, Boyolali, dan Semarang tersebut.

Bagi pendaki Gunung Merbabu, baik percaya atau tidak percaya dengan legenda tersebut maka diharapkan selalu menghormati kearifan lokal masyarakat Desa Thekelan dengan tidak buang air kecil / besar, menaiki, mencoret-coret/ fandalisme watu gubug.

Bagi pendaki yang mau mendaki / bertanya tentang jalur pendakian Thekelan bisa contact WA Basecamp Thekalan an. Cicok Samuel : 082322693098

Semoga Gunung Merbabu menjadi lestari dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar